Senin, Februari 06, 2017

Berkah Satu Kata

Terima kasih Saya ucapkan kepada pemirsa yang sudah meluangkan waktu untuk mampir dan sekedar melihat - lihat blog saya. Juga kepada mereka yang sudah berbaik hati memberikan tanggapan bahkan sekaligus memberikan semangat untuk saya menulis lagi.

Sebelumnya izinkan saya sejenak memejamkan mata untuk sekedar menenangkan badai ide yang berkecamuk di dalam kepala Saya. Berawal dari sebuah kata sederhana yang saya terima dari seseorang yang benar - benar asing. Tapi, dia bukan orang asing, dia orang indonesia juga (kayanya sih). Cuman orang itu pake bahasa inggris dan membuat Saya cukup kerepotan untuk berkomunikasi dengannya namun sukurlah bahwa Tuhan memberikan kecerdasan lebih kepadanya sehingga dia mengerti bahasa Indonesia.

Sudah lama sekali Saya tidak merasakan sensasi Ge-Er seperti ini. Berhubung saat ini saya kembali merasakannya dan ini memberi efek yang baik dalam diri Saya maka, sebaiknya biarkan ini mengalir begitu saja kemudian nikmati sensasinya. Sebut saja Saya rapuh jangankan untuk mendengar sebuah kata pujian, mendengar panci jatuh saja gemeternya bisa semingguan.

......................
............

Tulisan kali ini dikasi judul "Berkah Satu Kata" karena seperti yang kita tahu bahwa efek sebuah kata bisa membawa suka cita tapi, dilain pihak juga bisa membawa derita. Saya kasih contoh ilustrasi mengenai sebuah kata yang sama namun ditanggapi dengan cara berbeda berdasarkan situasi dari masing - masing pendengarnya.

- Positif
Satu kata diatas akan disambut dengan penuh suka cita bahkan di situasi tertentu beberapa orang akan membuat pesta yang sangat meriah tujuh hari tujuh malam lengkap dengan orkestra dangdut featuring marshmello, layar tanceup cineplex, tanjidor, kuda lumping, singa depok, barongsai dan hingar bingar lainnya ketika mendengar kata ini. Ini berlaku bagi pasangan suami istri yang sudah lama menikah dan mendambakan kehadiran seorang anak. Sebuah kata yang diucapkan oleh seorang dokter kandungan kepada pasangan tersebut akan disambut dengan penuh suka cita disertai air mata bahagia.

Di lain pihak kata positif yang diucapkan kepada seseorang yang sehari sebelumnya sudah diambil darahnya untuk diperiksa. Kata positif yang terdengar bisa mendatangkan efek yang berlawanan dengan suka cita. Bahkan tidak jarang membawa derita bagi mereka yang mendengar kata ini disaat melakukan VCT atau test HIV.

Sudahkah anda mengetahui status anda?

.................................

Itu tadi contoh singkat tentang satu kata yang dimaknai dengan cara berbeda. Padahal kata yang sama. Tapi bisa berarti banyak sekali bagi masing - masing pendengarnya. Tergantung situasi kapan, dimana dan oleh siapa kata itu diucapkan.

.............................
....................
............

Mengenai berkah satu kata, saya teringat peristiwa kecelakaan yang membuat saya terjun dari ketinggian disaat bermain layang - layang di atas genteng ketika kecil dulu. Entah kecelakaan entah kecerobohan entah kombinasi keduanya, namanya juga anak anak. Punggung saya patah. Ingatan yang masih sangat jelas berbekas hingga saat ini juga rasa sakitnya. Tapi yang paling saya ingat sebelum saya tidak sadarkan diri saya melihat ibu saya menitikkan air mata sambil mengucapkan kata "Kuat". Seperti sebuah berkat yang membuat saya tetap hidup bahkan terbebas dari kelumpuhan.

Ajaib, bukan!

Kata - kata bisa menjadi anugerah, bisa juga menjadi malapetaka. Hati - hati dalam mengolah kata terutama disaat kita sedang berkaca di depan cermin. Katakan yang baik - baik saja. Karena apapun yang kamu katakan kepada cermin, kamu benar!

Nyambung ga sih.. Ya sudah anggap saja berkesinambungan.




Keep Calm-Deep Breath-Start Your Future-Future Is Now

Tidak ada komentar: